Ada ungkapan bahwa buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya, istilah tersebut sering di pakai untuk mengungkapkan perilaku seorang anak adalah cerminan dari orang tuanya. perilaku anak yang baik di lingkungan sekitarnya merupakan cerminan saat mereka berada di rumah. cara berkomunikasi dan tutur kata yang di ucapkan biasanya di tiru dari kedua orang tuanya saat berada di rumah. pembelajaran pertama yang di terima anak adalah saat berada di rumah.

Sikap dan perilaku orang tua di rumah akan mempengaruhi watak dan karakter anak. pertumbuhan mental anak juga sangat di pengaruhi oleh situasi dan kondisi mereka saat berada di rumah. larangan dan peraturan di rumah akan menjadi kebiasaan yang di bawa seorang anak kemana mana. Didikan keras akan membuat anak tumbuh menjadi seorang yang bertabiat kasar. tindakan orangtua sehari-hari yang dilihat oleh anak seringkali membentuk karakter dan tabiat anak di masa yang akan datang. Ada beberapa sikap yang sebaiknya di hindari oleh orang tua.

Salah satunya adalah sikap yang tidak konsisten dalam membuat aturan di rumah. sesuatu yang tidak di perbolehkan harus di lakukan secara tegas agar anak dapat mengerti dan tidak binggung dengan hal tersebut. perlu di jelaskan kepada anak alasan hal tersebut di larang dan akibat yang mungkin akan di timbulkan jika larangan tersebut di lakukan atau di langgar.

Dalam beberapa hal anak perlu didik untuk membuat keputusan sendiri, hal sederhannya adalah ketika berada di toko mainan. mereka harus di beri kesempatan untuk memutuskan memilih sebuah mainan untuk di beli. hal tersebut di lakukan dengan tujuan agar anak punya rasa percaya diri bahwa mereka berharga dan di hormati haknya. pertumbuhan dan pekembangan anak perlu di perhatikan dan di awasi sebab seorang anak mungkin akan terlihat baik saat berada di rumah namun pergaulan mereka saat berada di luar rumah perlu di awasi.

Pengaruh lingkungan dan pergaulan disekitarnya secara tidak langsung ikut serta dalam pembentukan karakter anak. perhatian dan kasih sayang orang tua tidak boleh hilang dan terlepas dari kehidupan anak. anak yang baik pasti punya keluarga yang baik dan harmonis. perpecahan dalam keluarga cenderung membuat anak menjadi murung dan punya gambaran diri yang rusak. perkembangan psikologi anak juga akan menjadi terganggu.