Rusia pada laga pertama di Piala Dunia 2018 dengan melawan Arab Saudi memperoleh kemenangan telak 5 – 0. Dengan kemenangan tersebut, Tim yang berjulukan Beruang Merah ini diminta untuk tidak boleh Angkuh.

Kamis, 14 Juni 2018 malam, saat melakukan laga di Stadion Luzhniki Stadium, Rusia berhasil memperoleh kemenangan saat melawan Arab Saudi dengan skor akhir 5-0. Dengan jumlah gol tersebut dan jika dibandingan dengan Piala Dunia 2014, skuat tersebut berhasil mencetak tigal gol lebih banyak.

Denis Cheryshev berhasil mencetak dua gol dan untuk tiga gol selanjutnya berhasil dicetak oleh Lury Gazinsky, Artem Dzyuba dan Aleksandr Golovin.

Dibalik kemenangan ini, Rusia memiliki kenangan buruk pada ajang turnamen pemanasan ditahun lalu. Dengan berhasil memenangi laga pertama melawan Selandia Baru di ajang Piala Konfederasi, mereka harus gagal setelah mengalami kekalahan melawan tim Meksiko dan Portugal.

piala-dunia-group-a-rusia-vs-arab-saudi
Rusia menang melawan Arab Saudi (5-0) (Foto by REUTERS/Maxim Shemetov)

Dengan hal tersebut, Stanislav Cherchesov selaku pelatih Rusia percaya bahwa tim asuhannya tersebut tidak akan langsung besar kepala besar dengan kemenangan ini karena mereka masih harus melawaan tim dari Mesir dan Uruguay.

Berdasarkan analisis selama pertandingan, Rusia selaku Tuan Rumah tidak pernah mengalami kekalahan dalam laga pembukaan di 21 ajang Piala Dunia dengan memperoleh 16 kemenangan dan 16 imbang.

Kemenangan Rusia yang memperoleh skor 5 – 0 merupakan sebuah rekor terbesar kedua yang berhasil dicetak oleh Rusia selaku Tuan Rumah dalam laga pembuka diajang Piala Dunia.