Fakta Menarik Beruang Kutub

Related image

¬ Dalam satu ekor beruang kutub jantan dewasa memiliki berat mencapai 800 kilogram, dengan tinggi 2,5 meter, sedangkan untuk beruang betina hanya memiliki berat 200 sampai 300 kilogram

¬ Beruang kutub mempunyai lapisan lemak yang sangat tebal yaitu sekitar 10 cm di bawah kulitnya. hal ini yang dapat membuat beruang kutub dapat bertahan hidup dalam suhu ekstream di kutub utara ( Benua Artik )

¬ Jenis beruang ini memiliki indra penciuman yang tajam dalam memburuh masangnya yang bersembunyi didalam lapisan bawah salju yang tebalnya mencapai 1.5 meter ataupun bangkai ikan paus yang terdapat disekitar 20 mil dari tempat ia berada.

¬ Meski tidak mempunyai sirip seperti umumnya ikan, beruang kutub ini dapat berenang sepanjang 60 mil tanpa berhenti. Untuk bagian bulu dan badannya tidak akan basah meskipun digunakan berenang. Hal ini dikarenakan beruang kutub memiliki kelenjar minyak yang terdapat di seluruh kulitnya.

¬ Beruang kutub membutuhkan asupan lemak kurang lebih 2 kilogram setiap harinya agar bisa bertahan hidup dalam keadaan suhu dingin yang sangat ekstream. Untuk makanan utamanya yaitu anjing laut. Dimana dengan berat 55 kilogram anjing laut yang mana dapat menjadi makanan cadangannya selama 8 hari.

¬ Saat lahir, bayi beruang kutub memiliki ukuran yang sangat kecil, tidak mempunyai mata, bulu serta lemah. Untuk asupan makanan mereka yaitu air susu induknya, hal ini dikarenakan mengandung lebih banyak lemak.

¬ Ketika memasuki musim panas, maka bulu – bulu beruang kutub akan rontok, hal ini karena untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *