Fakta Unik Kuda Laut

Related image

♦ Kuda laut dapat digolongkan sebagai ikan, hal ini dikarenakan ia berenang dengan sirip serta bernapas dengan insang layaknya seperti ikan. Jenis hewan ini memiliki bentuk yang cukup unik serta berbeda dengan jenis ikan lainnya. Ia juga tidak memiliki sisik seperti ikan pada umumnya.

♦ Kuda laut memiliki dua jenis sirip yaitu sirip pectoral yang terletak didekat insang dan sirip dorsal yang terletak pada bagian bawah tubuhnya.

♦ Jenis hewan ini memiliki ukuran yang sangat beragam, dari yang ukuran 0,6 inci – 14 inci atau 1,5 – 35 cm. Hal inilah yang membuat kuda laut ini terlihat semakin menggemaskan.

♦ Kuda laut termasuk kedalam hewan laut, dimana ia sangat lambat dalam hal berenang. Salah satu keunikannya terletak pada bentuk tubuhnya yang tegak. Dari bentuk tubuhnya yang tegak maka membuat ia hanya bisa berenang secara vertikal, tidak horizontal seperti ikan yang lainnya.

♦ Keseharian hewan ini hanya mengonsumsi sebanyak 3000 artenia dalam air. Ini karena hewan kuda laut sangatlah cepat dalam proses mencerna makanannya sehingga apa yang masuk ke dalam mulutnya hanya sekedar lewat saja.

♦ Terdapat beberapa jenis hewan laut yang mempunyai warna transparan dimana diantaranya juga memiliki kemampuan dalam berkamuflase. ia juga bisa merubah warna kulit menjadi warna yang sama persis dengan lingkungannya sehingga jenis hewan ini dapat mengakali predator.

♦ Sangatlah unik, dimana kuda laut jantan yang memiliki tugas dalam proses melahirkan. Untuk struktur prosesnya yaitu kuda laut betina menyimpan telur didalam kantung yang ada pada dada si jantan yang selanjutnya akan di buahi selama kurang lebih 10 hari sampai 6 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *