Negara Penimbun Emas Terbanyak di Dunia

Related image

Emas bisa disebut sebagai logam mulia yang paling berharga serta bernilai tinggi dimata uang global. Saat ini terdapat sejumlah negara yang melakukan penyimpanan emas sebagai cadangan besar logam yang sangat berharga seperti,

♦ Amerika Serikat ( 8.133 Ton )

Amerika Serikat merupakan negara dengan predikat emas terbanyak di dunia yaitu 8.133 ton emas batangan. Jumlah tersebut hampir sama dengan jumlah penggabungan emas dari sejumlah negara seperti IMF, Italia dan juga jerman yang mana emas tersebut disimpan di Fort Knox.

♦ Jerman ( 3.372 Ton )

Jerman adalah negara kedua yang memiliki emas mencapai 3.372 ton. Emas tersebut disimpan di sejumlah tempat penyimpanan di dunia seperti Bank of England, Banque de France serta Federal Reserve Bank yang ada di New  York.

Hal tersebut karena adanya perang dingin terhadap Uni Soviet. Akan tetapi saat ini emas – emas tersebut telah kembali ke Frankfurt.

♦ The International Monetary Fund ( 2.814 Ton )

Terdapat sebanyak 189 Negara dalam The International Monetary Fund yang mana negara – negara tersebut bekerja dalam mendukung kerja sama dengan moneter dunia. IMF ( International Monetary Fund ) didirikan pada tahun 1944 dengan menetapkan sebanyak 25 persen dari langganan berupa kuota awal yang mana untuk kenaikan kuota berikutnya harus dibayar berupa emas sehingga membuat lembaga tersebut mempunyai emas sebanyak 2.814 ton.

♦ Italia ( 2.451 Ton )

Emas yang dimiliki oleh Italia lebih banyak dibanding Prancis yakni 2.451 ton. Tidak seperti negara lain yang dikelola oleh bank centralnya, emas Italia sebenarnya milik ” Banca d’Italia “

Emas – emas tersebut disimpan di sejumlah negara seperti Swiss National Bank, Bank of England, brankas di Roma dan Federal Reserve Bank di New York.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *