Penyakit Kulit Berbahaya

Hasil gambar untuk Penyakit Kulit Berbahaya

Kulit adalah organ terbesar yang berfungsi dalam menutup semua bagian tubuh. Berhubung ia berada pada bagian terluar maka rentan terhadap infeksi, peradangan serta alergi.

Berikut beberapa jenis penyakit kulit yang mesti diwaspadai, antara lain

♦ Rosacea

Rosacea adalah jenis peradangan yang terjadi pada bagian kulit wajah yang ditandai dengan kemerahan di dahi, hidung, pipi dan juga dagu. Selain itu, gejala lain yang mungkin bisa timbul akibat Rosacea yakni hidung membengkak, mata merah, masalah penglihatan serta pori – pori membesar.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh sejumlah faktor seperti  masalah pembuluh darah, keturunan ataupun bakteri. Harap segera konsultasi pada dokter jika kita mengalami penyakit kulit jenis Rosacea agar nantinya pembuluh darah yang ada pada wajah tidak pecah.

♦ Melanoma

Melanoma adalah jenis kanker kulit yang berkembang melalui sel melanosit yang mana dapat menghasilkan pigmen warna kulit. Untuk penyebabnya sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti, namun paparan radiasi UV dari sinar matahari ataupun lampu tidur juga dapat meningkatkan risiko melanoma ini dengan membatasi paparan radiasi UV maka dapat membantu kita mengurangi risiko terkena melanoma.

♦ Psoriasis

Psoriasis merupakan kelainan kulit kronis karena terlalu aktifnya sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini biasanya dapat menyebabkan sel  – sel berkembang biak lebih cepat dari biasanya. Gejalanya seperti bercak merah pada kulit, peradangan, timbulnya kerak serta pengelupasan.

Biasanya bagian kulit yang mengalami psoriasis muncul rasa nyeri, panas dan gatal seperti terbakar yang mana penyakit ini dapat menyerang tangan, punggung bawah, lipatan bokong, lutut, kaki, telapak tangan dan juga siku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *