Tradisi Imlek Di Indonesia

Sudah tidak terasa 1 tahun telah berlalu dan sudah mau imlek saja . Perayaan tahun baru China merupakan hari libur nasional di mana di hari Imlek atau tahun baru China . Para keluarga yang dari jauh akan berkumpul bersama  di tahun tersebut . Yang kerja jauh akan pulang untuk berkumpul bersama dengan keluarga dan bersilaturahmi bersama dengan keluarga yang lain atau saudara saudara jauh hingga dekat .
Imlek biasanya di rayakan pada hari pertama pada kalender imlek . Dan biasanya para masyarakat Tionghua selalu mengenakan pakaian berwarna merah yang di percaya dapat mendatangkan rezeki . Tetapi ternyata di masing masing kota ternyata berbeda beda dalam merayakan tahun baru imlek tergantung kota atau masing masing keluarga itu beda dalam merayakannya . Dimana sajakah itu mari kita bahas .

  1. Jakarta

    Di Jakarta biasanya ada tradisi yang bernama patekoan yang di rayakan di kawasan Glodok . Dimana kita menyuguhkan teh untuk siapa saja yang kebetulan lewat . Tradisi ini di mulai oleh seorang kapiten China yang bernama Gan Djie beliau bersama istri yang memiliki jiwa sosial yang tinggi . Dimana pada saat itu untuk menemukan air bersih sangat sulit . Kemudian Gan Djie bersama dengan istri menyediakan teh untuk para pedagang atau buruh yang lewat .
  2. Singkawang

    Salah satu tradisi singkawang ini terbilang sangat unik untuk menyambut tahun baru imlek . Biasanya akan ada acara pawai tatung di setiap tahunnya biasanya lebih dari 500 tatung yang pawai  mengelilingi kota sambil memperlihatkan kesaktiannya . Tatung merupakan seorang manusia yang dirasuki oleh para dewa . Biasanya ritual ini dipimpin oleh ahli spritual atau pendeta yang akan memasukan roh ke dalam tubuh sang tatung setelah memberikan pesembahan oleh dewa kesejahteraan atau Tua Pek kong .
  3. Medan

    Untuk merayakan tahun baru imlek biasanya masyarakat medan selalu makan bersama keluarga di meja yang bulat 1 hari sebelum imlek pada malam hari atau 30 me . Biasanya kelaurga berkumpul pada 1 meja bundar dan makan bersama dan selalu ada mie dan sebelum makan biasanya 1 keluarga akan megaduk mie secara bersamaan yang diyakini dapat mendatangkan rezeki tanpa putus seperti mie tersebut dan umur yang panjang .

itulah beberapa kota di Indonesia yang luamyan unik pada saat merayakan Tahun Baru Imlek .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *