Penerapan “Kaizen” Sangat Berpengaruh Dalam Dunia Tempat Kerja

Setiap siswa manajemen akan mendengar istilah Kaizen. Ini adalah istilah Jepang yang secara kasar berarti perbaikan terus-menerus. Ini melibatkan banyak perubahan kecil dan inkremental, sebaiknya direkomendasikan oleh karyawan individu, yang mengakibatkan perubahan signifikan dalam proses kerja tertentu.

Konsep menarik ini telah membawa perubahan besar dalam cara perusahaan manufaktur fungsi dan sekarang sedang digunakan di banyak lingkungan kerja yang berbeda dengan hasil yang bagus.

Ada banyak keuntungan menggunakan Kaizen di tempat kerja. Ini termasuk:

-Pengurangan limbah di banyak bidang seperti persediaan dan tenaga kerja. Hal ini dicapai dengan merampingkan proses manufaktur dan pengiriman, menyingkirkan cukup beberapa langkah yang tidak perlu.

-Meningkatkan kualitas produk dengan mengurangi kesalahan dalam proses manufaktur.

-Hubungan karyawan yang lebih baik sejak pekerja tahu bahwa mereka sangat penting bagi keberhasilan perusahaan bukan hanya karena pekerjaan mereka tetapi juga karena saran yang berguna. Hal ini menghasilkan output yang lebih besar serta berkurangnya karyawan membuang waktu.

-Peningkatan keselamatan di tempat kerja. Hal ini berdampak langsung pada biaya karena mesin akan rusak lebih sering dan pekerja akan memiliki lebih sedikit kecelakaan daripada sebelumnya.

-Layanan Pelanggan yang lebih baik

Perusahaan harus mendedikasikan diri untuk konsep Kaizen agar dapat menggunakannya dengan benar. Sebagai soal fakta, teknik manajemen ini hanya akan bekerja jika semua orang dalam organisasi, dari kanan atas ke bawah, percaya di dalamnya dan menerapkannya. Saran yang berharga dapat datang dari orang di lantai toko dan juga dari karyawan yang bertugas berurusan dengan pelanggan. Perusahaan yang memiliki lingkungan sangat reseptif menghasilkan sejumlah besar saran yang berguna dari karyawan. Hebatnya, proporsi yang sangat besar dari saran ini akhirnya digunakan karena mereka cenderung dipikirkan dengan baik.

Kaizen membantu menghemat banyak uang dan usaha karena membantu memecahkan masalah tepat pada sumbernya. Menariknya, hasil yang ditawarkan umumnya segera melihat, sehingga memastikan bahwa orang termotivasi untuk membuat perubahan dalam berbagai proses kerja. Faktor penting lainnya adalah bahwa perubahan umumnya tidak memerlukan investasi besar. Namun pengembalian mereka sangat besar. Oleh karena itu, banyak perusahaan berinvestasi dalam pelatihan yang diperlukan sehingga mereka tahu bagaimana menggunakannya dengan cara yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *