Mengapa Porsi Nasi Padang Lebih Banyak Pada Saat Dibungkus?

Nasi padang kini menjadi makanan favorite banyak orang. Nasi yang dicampur dengan gulai khas Minang dan juga ditambah dengan lauk seperti Rendang yang selalu menambah selera makan.

Tetapi untuk porsi sebungkus nasi padang pada saat dibungkus mengapa bisa menjadi lebih banyak dari pada langsung makan di restorannya ? Berikut ini alasan dibalik fenomenal unik tersebut.

1. Alasan Solidaritas

Untuk masyarakat Sumatera Barat yang dulunya mengatakan jika restoran Padang dengan nama rumah makan Ampela, yang menjadi singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Katanya, pada saat dulu Indonesia pernah mengalami krisis dalam ekonomi, jadi para pemilik warung Padang ikut menunjukkan rasa solidaritasnya untuk menambahkan porsi pada nasi saat dibungkus.

2. Karena Estetika

Ada juga jika dari pendapat yang lain menyebutkan jika porsi nasi Padang jika dibungkus akan lebih banyak karena alasan yang estetika. Pada jumlah nasi yang banyak juga akan membuat bungkusan menjadi terlihat lebih tegak juga, sampai menjadi lebih sedap di lihat.

3. Mengurangi Biaya Cuci Piring

Ada juga yang mengangap jika porsi nasi Padang yang diberikan tersebut karena berkaitan dengan adanya biaya operasional. Katanya, pemilik dari restoran Padang tersebut biasanya telah menghitung biaya dari operasional yang sangat detail.

Pada saat makan di tempat, para pemilik restoran Padang perlu mengeluarkan biaya dari sabun cuci sampai membayar gaji karyawan. Maka itu pada saat ada yang membeli dengan kemasan bungkus, biaya dari cuci piring tidak dihitung lagi, sampai porsi bisa didapatkan dengan banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *