Inilah Kesalahan Orang Orang Dalam Menyikat Gigi

Beberapa waktu lalu sempat booming sebuah aplikasi yang cukup banyak yang dipakai orang orang untuk menghabiskan waktu mereka. Ya, aplikasi tersebut merupakan Tiktok. Selain digunakan sebagai tempat bermain, ada juga orang yang memanfaatkannya sebagai penyampaian informasi.

Seperti seorang dokter gigi asal Malaysia yang bernama Dr Gao Jye Teh. Beliaupun mengedukasi para followernya di tiktok dengan video video cara menyikat gigi yang benar.

Dalam videonya beliau mengatakan bahwa fluorida yang terkandung di pasta gigi butuh waktu dalam bekerja, dan berkumur dapat menghilangkan fluoride tersebut sebelum berkerja melindungi gigi kita.

Cukup banyak orang yang langsung segera berkumur sesaat setelah selesai menyikat giginya tersebut.

Ya, ini benar karena dengan anda berkumur dalam jumlah air yang besar, setelah anda menyikat gigi anda maka dapat mengencerkan fluoride pada permukaan gigi kita dan mengurangi keekfektifannya dalam melindungi gigi kita, kata dr Wong Kuan Ye.

Bagi anda yang kurang terbiasa dengan rasa busa pasta gigi yang tertinggal pada mulut, anda dapat mencoba membilasnya dengan volume air yang lebih kecil. Namun hal ini tentunya tidak disarankan pada anak kecil karena dapat membuat mereka tertelan fluoride tersebut.

Terlalu Banyak Menggunakan Pasta Gigi Tidak Baik

Jika kita berbicara mengenai pasta gigi, maka jika anda menyikat gigi dengan pasta gigi yang terlalu banyak juga tidaklah baik. Hal tersebut juga sudah dibenarkan oleh Tiktok Dr Gao.

Setiap menggosok gigi hanya dibutuhkan sekitar 1.000 ppm seukuran sebutir beras saja untuk anak yang berusia di bawah 3 tahun. Sedangkan untuk anak yang sudah lebih tua dan orang dewasa itu hanya dibutuhkan pasta gigi 1.000 ppm seukuran kacang polong.

Jika anda menggunakan pasta gigi yang berlebihan maka gigi anda akan terlihat ada bintik bintik putih. Jika seperti itu, berarti anda menderita fluorosis. Fluorosis merupakan suatu kondisi dimana mengindikasikan penggunaan fluorida yang terlalu banyak pada saat gigi anda berkembang.

Itulah beberapa tips dari dari Dr Gao yang dibahas di tiktoknya. Semoga dapat membantu anda dalam menambah wawasan.

Leave a Reply