Cerita Seorang Perempuan Cuma Punya Nama O

Mempunyai nama paling pendek di dunia hanya dengan satu huruf, dari pengacara O yang masa ini sudah berumur 56 tahun pernah menjadi bahan olokan dari teman-teman sebayanya saat masih duduk di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

Wanita yang berasal dari Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh dari Kota Sumatera Barat tersebut telah mengakui jika nama yang pendek itu pernah menjadi beban pikirannya sebab suka diolok-olok pada teman sebayanya.

”Sejak waktu kecil, dari masa tengah di SD telah menjadi beban sebab sering sekali diolok-olok dengan teman-teman. Saya merasakan kenyamanan ketika saya sudah duduk di bangku SMA,” ucap O.

Sampai, sambung O saat itu ketika masih SMP ia pernah meminta saran untuk mencoba mengantikan nama dengan gurunya saat di bangku SMP Bunga Setangkai yang pada saat itu masih menjadi SMPN 1 Kecamatan Payakumbuh.

”Guru SMP saya sudah sempat mencoba menggantikan nama saya menjadi Osnawati. Tetapi, ayah saya tidak mau dan mencoba tenangkan saya dengan mengatakan SMP kan sudah tidak lama lagi. Enam tahun lagi, anda telah kuliah, ucapnya.

Agar guru SMP itu tidak tersinggung, orangtua O yang beralasan dengan nama putri mereka tidak dapat diganti sebab telah tertera pada daftar keluarga PNS. Ia juga akan mengatakan jika dirinya juga akan mulai nyaman dengan namanya, pada saat masuk ke SMAN 1 Danguang-Danguang yang pada saat ini SMAN 1 Kecamatan Guguak. Sampai pernah diberikan keuntungan untuknya.

”Saat SMA itu juga guru pada setiap mata pelajaran, akan berbeda-beda, pada saatnya guru yang akan terlihat pada daftar hadir, akan menyangka O itu bukan nama, akan tapi nol sampai jika saya tidak hadir nama saya akan tetap diberi ceklis, walaupun itu tidaklah lama, ujar O.

Sesudah taman SMA dan sampai sekarang masih berprofesi sebagai pengacara, O juga mulai menikmati yang unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *