Inilah Fakta Unik Dari Kepulauan Seribu, Ternyata Juga Memiliki Monas Sendiri

Kebanyakan orang mengetahui jika gedung yang tinggi di Indonesia hanya berada di kota Jakarta. Melihat sisi lainnya bahwa biasanya para wisatawan akan memilih wisata tujuan Kepulauan Seribu. Pada masa sebelum pandemi virus covid-19, mulai dari kapal cepat marina ataupun kapal yang terbuat dari kayu yang terdapat di dermaga Kaliadem sangatlah ramai wisatawan, apalagi saat di akhir minggu ataupun musim liburan.

Pulau ini juga merupakan satu kabupaten Jakarta yang wilayahnya merupakan beberapa pulau pada  Teluk Jakarta. Ada terdapat sekitaran 342 pulau termasuk dalam kepulau seribu ini. Beberapa dari pulau tersebut tentunya sudah tidak asing lagi terhadap para wisatawan.

Selain memiliki pesona yang indah dan menarik ada beberapa fakta unik yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

  1. Kekayaan Flora & Fauna
    Sejak kepulau seribu dijadikan tempat wisata, para warga setempat tentunya memanfaatkan momen tersebut untuk melestarikan lingkungannya lebih indah baik dalam laut, darat maupun permukaan laut.

    Contohnya seperti membuat penangkaran penyu hingga melestarikan terumbu karangnya.  Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang serta pesisir pantai yang sangat lapang hingga membuat kawasan pulau seribu tercatat sebagai tempat yang kaya akan flora dan faunanya.

  2. Monasnya Kepulauan Seribu

    Ternyata monas tidak hanya ada di Jakarta, namun di Kepulau Seribu juga dibangun monas mini. Monasnya dari kepulauan seribu ini diberikan nama JCG atau kepanjangannya Jakarta Coral Garden dan letaknya juga bukan di daratan melainkan di bawah laut.

    Bagi anda yang ingin melihatnya anda dapat berkunjung ke Pulau Pramuka. Monas mini ini dibangun sebagai wujud pedulinya warga terhadap terumbu karang di seluruh kepulauan seribu ini.

  3. Adanya Jejak Sejarah di Pulau Onrust

    Sejak Batavia yang dibangun di tahun 1610, Pulau Onrust yang sepi ini telah dijadikan pangkalan TNI AL. Dikarenakan hal tersebut, para penduduk lokal yang tinggal di pulau tersebut menyebutnya sebagai pulau kapal.

    Pulau onrust sendiri memiliki sejarah dan saksi bisu atas perebutan kekuasaan. Pada tahun 1615 VOC juga membuat dok kapal di pulau ini. Namun hal itu tak bertahan lama karena pada tahun 1800 hancur di serang Inggris.

    Walau tak utuh sepenuhnya, sampai sekarang pun masih ada sisa sisa sejarah pada jaman tersebut yang masih tersimpan pada bangunan tua di Pulau Onrust ini.

Leave a Reply