Rendang, Sempat Menjadi Makanan Terenak di Dunia

Rendang, Sempat Menjadi Makanan Terenak di Dunia

Rendang merupakan makanan tradisional yang dibuat dari sapi dengan berbagai rempah – rempah yang berasal dari Sumatera Barat dan diolah oleh masyarakat Minangkabau. Rendang biasanya dibuat dengan kuah khusus yang berasal dari air kelapa atau santan dalam jumlah banyak. Pada masa lalu, biasanya orang Minangkabau menyiapkan rendang dengan cara tersebut yang berguna untuk daya tahan makanan rendang itu sendiri yang cukup lama dan bisa disimpan sebagai bekal dalam perjalanan yang jauh. Tingkat ketahanan makanan rendang yang lama diduga disebabkan oleh bumbu yang digunakan selama proses memasak.

Saat ini rendang sudah dikenal di seluruh dunia, namun nilai sejarah dan budayanya kurang diperhatikan. Artikel ini membahas tentang sejarah dan ciri khas rendang sebagai harta karun masyarakat Minang.

Sejarah Rendang

Secara sejarah, rendang merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang direbus dengan bumbu dan santan. Ada arsip Belanda di Minangkabau yang menyatakan kontak  antara India dan Sumatera Barat. Kombinasi daging dan rempah-rempah yang dibuat di India Utara yang disebut dengan kari diyakini merupakan pendahulu rendang. Orang India datang ke Sumatera Barat untuk berdagang dan membawa budaya mereka sendiri.

Kari Massaman yang berasal dari India hampir sama dengan kari dimana kuahnya mengandung santan juga. Ini dimasak kembali menjadi kalio atau rendang yang memiliki kuah yang lebih kental, lebih kecokelatan, dan lebih berminyak karena suhu panasnya sudah menghilang. Orang Minang memasaknya lagi hingga warnanya semakin gelap, dan dagingnya menyerap kuah.

Cara Tradisional Masyarakat Mengkonsumsi Rendang

Tidak ada cara khusus dalam memakan rendang dalam budaya Minangkabau. Pada masa lalu, rendang merupakan makanan yang diawetkan secara tradisional. Biasanya rendang disiapkan sebagai cadangan makanan untuk para pekerja dan hanya dibungkus dengan selembar kertas atau daun dan dimakan menggunakan tangan. Tetapi saat ada acara-acara penting, rendang biasanya disajikan dengan kuah kari, sayur kol, daun singkong, ikan goreng, sayur nangka dan masih banyak lagi.

Pencapaian Rendang

Pada tahun 2011 lalu, rendang pernah menjadi pilihan pertama sebagai makanan  terenak di dunia dalam ajang Wolrd’s 50 Most Delicious Foods menurut CNN International. Lalu CNN kembali menyatakan 50 makanan terlezat di dunia pada tahun 2017 dan rendang masih bertahan di posisinya yang pertama. Pada ajang tersebut, diambil 35 ribu voters dari media sosial Facebook.

Cara Memasak Rendang Versi Padang

  • Daging sapi dipotong terlebih dahulu membentuk ukuran kotak - kotak sesuai yang kamu mau. Jangan memotong daging terlalu kecil karena dapat membuat daging menjadi mudah hancur saat dimasak.
  • Memasak bumbu terlebih dahulu sampai mendidih ( santan , serai , irisan bawang merah , daun kunyit dan asam ). Aduk secara perlahan agar santan tidak pecah.
  • Saat santan telah mendidih, masukan bumbu - bumbu yang sudah dihaluskan dan diaduk secara perlahan dan merata selama 30 menit.
  • Saat santan sudah terlihat berminyak, daging sapi yang telah dipotong dimasukan lalu masak dengan api kecil atau sedang. Masaklah sampai santan mengental dan mengering.
  • Lanjutkan masak secara perlahan agar bumbu meresap semua kedalam daging rendang dan tekstur rendang empuk, warna kecoklatan dan daging sudah matang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *