4 Macam Makanan Khas Yogyakarta yang Wajib Dicoba

Makanan dari khas Yogyakarta yang saat ini cukup populer dan melegenda yaitu gudeg. Makanan dengan khas Yogyakarta ini menjadi salah satu ciri khas rasa yang manis dan gurih yang akan membuat anda ketagihan.

Makanan khas Yogyakarta ini mempunyai cita rasa yang lezat dan mudah sekali ditemukan langsung di pusat kotanya, yaitu di Malioboro dan Tugu Jogja.

Makanan Khas Yogyakarta

Gudeg

Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang wajib anda coba. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Untuk membuatnya memerlukan waktu yang berjam-jam. Warna kecokelatan yang menggoda terlihat dari Gudeg yang biasanya dihasilkan dari daun jati yang dimasak secara bersamaan.

Nasi Teri

Makanan khas Yogyakarta ini yang wajib sekali anda coba menu kedua ini merupakan Nasi Teri Gejayan. Makanan yang disajikan merupakan nasi yang dicampur dengan teri yang telah di masak pedas, kering tempe dan kacang yang dicampur dengan kuah-kuahan yang berbahan dasar menggunakan santan.

Sate Koyor

Sate koyor yang terbuat dari lemak sapi. Kemunculan makanan khas Yogyakarta yang wajib sekali anda cobai sebab banyak penduduk yang tak sanggup membeli daging.

Maka itu lemak dan urat sapi di potong-potong, lalu ditusuk menggunakan batang sate dan dibumbui seperti sate. Lemak sapi ini yang membuat sate klatak bisa menjadi lebih gurih dan juga lezat.

Tiwul

Tiwul dan gatot biasanya memang dijual secara bersamaan. Kedua makanan khas Yogyakarta ini memang wajib anda coba yang rasanya sangat lezat. Bahan dasar dari tiwul dan gatot ini yaitu singkong, yang lebih muda ditemukan di Gunung kidul.

Jajan ini biasanya dijual pada area pasar dari pagi sampai menjalang sore hari. Disaat sudah menjelang sore hari penjual tiwul ini akan berkeliling. Maka itu bagi wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan.

Leave a Reply