5 Makanan Khas Jogja yang Terkenal

Makanan khas dari Jogja ini identik dari pengolahannya yang tradisional. Dari rasanya yang cenderung manis dan pedas, yang hampir sama dengan masakan Jawa kebanyakannya.

Meskipun telah dikenal cukup tua, akan tetapi mayoritas makanan dari khas Jogja yang saat ini masih mempunyai banyak yang mencarinya. Ada banyak macam ciri khas yang bisa anda cicipi.

Tidak bisa dipungkiri lagi masakan khas Jogja yang banyak di jelajahi di seluruh Indonesia. Berikut ini ada beberapa macam makanan khas Jogja yang banyak dicari orang:

Gudeg

Gudeg yaitu makanan khas Jogja dan juga Jawa Tengah yang dibuat dari nangka muda yang di masak menggunakan santan. Membutuhkan waktu yang berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat yang terlihat dari Gudeg ini biasanya berasal dari daun jati yang dimasak dengan bersama.

Tiwul

Tiwul dan gatot biasanya dijual bersamaan. Pada makanan ini merupakan makanan khas Jogja yang amat populer dan lezat. Bahan utamanya yaitu singkong, yang biasanya mudah didapatkan di Gunungkidul.

Jajanan ini biasanya dijual pada pagi hari sampai siang hari. Tetapi ada penjual tiwul yang berjualan keliling di sore hari menjelang petang hari.

Sate Koyor

Sate koyor ini dibuat menggunakan lemak sapi. Munculnya sate ini dikarenakan banyak dari penduduk yang tidak sanggup untuk membeli daging. Karena harga daging yang sangatlah mahal dan hanya bisa sanggup membeli dari kalangan bangsawan.

Bakpia Pathuk

Bakpia pathuk yaitu salah satu makanan yang legendaris di Jogjakarta yang banyak dijadikan oleh-oleh. Rasanya yang manis dan memiliki tekstur yang krispi membuat bakpia ini banyak dicari para wisatawan.

Jadah Tempe

Jadah tempe yaitu makanan khas dari Jogja yang dicampur dengan tempe bacem dan juga jadah. Ada masanya jadah yang diberikan parutan kelapa supaya gurih untuk teman makan tempe bacem.

Leave a Reply