James Rodriguez : Kehilangan Keunggulannya, Nilai Pasarnya Menurun

Pemain Kolombia ’10’ tidak hanya tersingkir dari tanggal Kualifikasi Amerika Selatan baru-baru ini, tetapi juga akan rendah di Copa América. Cedera telah mempengaruhinya pada tahun lalu dan penampilannya juga bukan yang terbaik. Dia menyelesaikan musim tanpa bisa bermain dengan Everton dan nilai pasarnya juga menurun. James Rodríguez bukan lagi pemain Kolombia dengan nilai terbaik ketiga; Luis Muriel mengambil posisi itu darinya.

Menurut pembaruan terbaru dari Transfermarkt, sebuah portal khusus dalam nilai pasar, James mengalami devaluasi untuk kedua kalinya berturut-turut. Pada tahun lalu dia telah kehilangan nilai sebesar 7 juta euro dan harganya bahkan lebih rendah daripada saat dia bermain untuk Monaco.

Pemain Kolombia ’10’ itu dihargai 28 juta euro, setelah terdaftar di 30 juta pada Maret. Pada Oktober 2020, James memiliki harga pasar 35 juta, setelah kedatangannya di Liga Premier. Tetapi pembaruan terbaru tidak meninggalkan kabar baik seperti itu.

Meskipun telah jatuh di peringkat kedua klubnya dan pesepakbola Kolombia, James tetap berada di lima besar masing-masing. Di Everton dia menjadi pemain keempat paling berharga setelah Richarlison (55 juta), Dominic Calvert-Lewin (45 juta) dan Lucas Digne (35 juta). Di Liga Inggris, James berada di peringkat 93.

Berkenaan dengan orang Kolombia di seluruh dunia, sang gelandang juga kalah. Dia berubah dari menjadi yang paling berharga ketiga menjadi menempati alun-alun keempat. Dia dilampaui oleh Duván Zapata (33 juta euro), Dávinson Sánchez (32 juta) dan Luis Fernando Muriel (30 juta).

Harus diingat bahwa nilai tertinggi dicapai dengan Real Madrid, pada tahun 2015, ketika itu senilai 80 juta euro. Pada musim yang berakhir, ia nyaris tidak berhasil memainkan 26 pertandingan, mencetak enam gol dan sembilan kali assist. Dia absen dalam 20 komitmen pada tahun lalu.

Meskipun banyak yang percaya bahwa Reinaldo Rueda bisa berubah pikiran dan membawanya ke Copa América, tidak seperti itu. James akan menjadi salah satu korban tricolor untuk kompetisi yang akan dimulai Minggu depan, ketika Kolombia bertemu Ekuador. Untuk saat ini, dia sedang menikmati liburannya di Miami.

Leave a Reply